にVSで part 2

Minasan, konbanwa hari ini kita akan melanjutkan permbahasan yang pernah kita share ke kalian yaitu perbedaan antara partikel に dan partikel で. ternyata perbedaaannya bukan hanya itu loh, ternyata ada lagi perbedaannya. apakah itu? yuk kita bahas.

sebelumnya coba jawab soal partikel dibawah ini.
わたし は ジャカルタ( )すんでいます
わたし は がっこう( )べんきょうします

Partikel に dipakai dalam kondisi kata kerja yang dipakai adalah kata kerja yang mempunyai nuansa “diam di tempat” atau tidak ada pergerakan. Contohnya seperti kalimat di atas わたし は ジャカルタ( )すんでいます, untuk soal ini jawabannya adalah partikel に, kenapa? Karna kata kerjaすんでいます ini mempunyai arti “Tinggal” saja, nggak memiliki makna pergerakkan, jadi partikel yang dipakai ialah partikel に.

Partikel で dipakai dalam kondisi kata kerja yang dipakai adalah kata kerja yang mempunyai nuansa “pergerakkan”. Contohnya seperti kalimat di atas わたし は がっこう( )べんきょうします untuk soal ini jawabannya adalah partikel で, kenapa? Karna kata kerja べんきょうします ini mempunyai nuansa “pergerakan”. Jadi partikel yang dipakai ialah partikel に.

Bagaimana Minasan tentang partikel に dan partikel で perbedaannya cukup mudah kan? Yuk kita rangkum disini, untuk partikel に memilki nuansa “keberadaan” saja, kalau partikel で memiliki nuansa “pergerakkan”. 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.